GARIS
– GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP)
Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan 3 (Nifas)
Kode Mata Kuliah : BD.303
Jumlah SKS : 3 SKS (1T; 2P)
Semester :
3 (tiga)
Penganggung Jawab : Safitri Nugraheni
Deskripsi Singkat :
Mata kuliah Asuhan
Kebidanan 3 memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada
mahasiswa mengenai konsep dasar masa nifas, respon
orang tua terhadap bayi baru lahir, proses adaptasi, fisiologi dan psikologi
masa nifas, kebutuhan dasar masa nifas, melaksanakan asuhan kebidanan pada masa
nifas, melaksanakan kunjungan rumah pada ibu masa nifas, deteksi dini
komplikasi masa nifas dan pendokumentasiannya.
Standar Kompetensi :
Setelah mengikuti mata kuliah ini,
mahasiswa dapat melakukan
asuhan kebidanan pada ibu nifas dengan tepat
MGG
|
Kompetensi Dasar
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Metode
|
Media Pembelajaran
|
Bahan Pustaka
|
1
|
Mahasiswa dapat mendefinisikan konsep dasar masa
nifas dengan indikator:
1) Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian masa nifas
2) Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan asuhan masa nifas
3) Mahasiswa dapat menyebutkan peran dan tanggung jawab
bidan dalam masa nifas
4) Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan masa nifas
5)
Mahasiswa
dapat mengidentifikasi kebijakan program nasional masa
nifas
|
Konsep dasar masa nifas
|
a. Pengertian
masa nifas
b. Tujuan
asuhan masa nifas
c. Peran
dan tanggung jawab bidan dalam masa nifas
d. Tahapan
masa nifas
e. Kebijakan
program nasional masa nifas
|
Ceramah Tanya Jawab
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 3, BA 1, BW4, BA2
|
2
|
Mahasiswa dapat menjelaskan proses laktasi dan menyusui dengan indikator:
1) Mahasiswa dapat menjelaskan anatomi dan fisiologi
payudara
2) Mahasiswa dapat menguraikan dukungan bidan dalam
pemberian ASI
3) Mahasiswa dapat menjelaskan kan komposisi
gizi dalam ASI
4) Mahasiswa dapat menjelaskan cara memperbanyak ASI
5) Mahasiswa dapat menyimpulkan tanda bayi cukup ASI
6) Mahasiswa dapat menjelaskan tentang ASI eksklusif
7) Mahasiswa dapat menjelaskan cara perawatan
payudara
8) Mahasiswa dapat menjelaskan cara menyusui yang
benar
9) Mahasiswa dapat menyebutkan masalah dalam pemberian
ASI
|
Proses
laktasi dan menyusui
|
a. Anatomi
dan fisiologi payudara
b. Dukungan
bidan dalam pemberian ASI
c. Manfaat
pemberian ASI
d. Komposisi
gizi dalam ASI
e. Upaya
memperbanyak ASI
f. Tanda
bayi cukup ASI
g. ASI
ekslusif
h. Cara
perawatan payudara
i. Cara
menyusui yang benar
j.
Masalah dalam pemberian ASI
|
Small Grup Discussion
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 1, BA 1, BW3, BA2
|
3
|
Mahasiswa dapat menguraikan respon orang tua
terhadap bayi baru lahir dengan indikator:
1)
Mahasiswa
dapat menyimpulkan Bounding attecment
2)
Mahasiswa
dapat menguraikan respon ayah dan keluarga
3)
Mahasiswa
dapat menyimpulkan sibling Rivally
|
Respon
orang tua terhadap Bayi Baru Lahir (BBL)
|
a. Bounding
attecment
b. Respon
ayah dan keluarga
c. Sibling
Rivally
|
Small Grup Discussion
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 2, BA 1, BW1, BA2
|
4
|
Mahasiswa dapat menguraikan
dan menghubungkan perubahan fisiologi masa nifas dengan indikator:
1)
Mahasiswa
dapat menguraikan perubahan sistem reproduksi
2)
Mahasiswa
dapat menguraikan sistem pencernaan
3)
Mahasiswa
dapat menguraikan sistem perkemihan
4)
Mahasiswa
dapat menguraikan sistem musculoskeletal / diastasis recti abdominis
|
Perubahan
fisiologi masa nifas
|
a. Perubahan
sistem reproduksi
b. Perubahan
sistem pencernaan
c. Perubahan
sistem perkemihan
d. Perubahan
sistem muskuloskeletal / diastasis rectie abdominis
|
Ceramah Tanya Jawab
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 3, BA 1, BW4, BA2
|
5
|
Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan perubahan fisiologi masa nifas dengan indikator:
1) Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan perubahan
sistem endokrin
2) Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan
perubahan tanda-tanda
vital
3) Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan perubahan
sistem kardiovaskuler
4) Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan perubahan
sistem hemotologi
|
Perubahan
fisiologi masa nifas
|
a. Perubahan
sistem endokrin
b. Perubahan
tanda-tanda vital
c. Perubahan
sistem kardiovaskuler
d. Perubahan
sistem hemotologi
|
Ceramah Tanya Jawab
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 1, BA 1, BW4, BA2
|
6
|
Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan proses adaptasi psikologi masa nifas dengan indikator:
1)
Mahasiswa
dapat menguraikan dan menghubungkan adaptasi psikologis ibu masa
nifas
2)
Mahasiswa
dapat menguraikan dan menghubungkan post partum blues
3)
Mahasiswa
dapat menguraikan dan menghubungkan kesedihan dan duka cita
|
Proses adaptasi, psikologi masa nifas
|
a. Adaptasi
psikologis ibu masa nifas
b. Post
partum blues
c. Kesedihan
dan duka cita
|
Ceramah Tanya Jawab
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 3, BA 1, BW2, BA2
|
7
|
Mahasiswa dapat memberikan
contoh dan mempersiapkan kebutuhan dasar ibu nifas dengan indikator:
1)
Mahasiswa
dapat memberikan contoh kebutuhan dasar ibu nifas tentang
nutrisi dan cairan
2)
Mahasiswa
dapat memberikan contoh kebutuhan dasar ibu nifas tentang
ambulasi
3)
Mahasiswa
dapat memberikan contoh kebutuhan dasar ibu nifas tentang
eliminasi BAB/BAK
4)
Mahasiswa
dapat memberikan contoh dan mempersiapkan kebutuhan dasar ibu nifas
tentang kebersihan diri dan perineum
5)
Mahasiswa
dapat memberikan contoh kebutuhan dasar ibu nifas tentang
istirahat
6)
Mahasiswa
dapat memberikan contoh kebutuhan dasar ibu nifas tentang
seksual
|
Kebutuhan dasar ibu nifas
|
a. Nutrisi
dan cairan
b. Ambulansi
c. Eliminasi
: bab/bak
d. Kebersihan
diri dan perineum
e. Istirahat
f. Seksual
|
Small Grup Discussion
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 1, BW 2, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
|
UTS
|
||||||
8
|
Mahasiswa dapat memberikan
contoh dan mempersiapkan kebutuhan dasar ibu nifas dengan indikator:
1)
Mahasiswa
mampu menjelaskan mengenai manfaat umum senam nifas
2)
Mahasiswa
mampu menjelaskan manfaat masing-masing gerakan pada senam nifas
3)
Mahasiswa
mampu mempersiapkan kebutuhan ibu nifas mengenai senam nifas
|
Senam Nifas
|
a. Manfaat
umum senam nifas
b. Manfaat masing-masing gerakan pada senam nifas
c. Mempersiapkan
senam nifas
|
Demonstrasi
|
LCD, Laptop, Laboratorium, Matras
|
BW 1, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
|
9
|
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan
dan mempraktekkan asuhan masa nifas normal dengan indikator:
1)
Mahasiswa
dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pengkajian data fisik dan psikososial
2)
Mahasiswa
dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan riwayat kesehatan ibu
3)
Mahasiswa
dapat mendemontrasikan pemeriksaan fisik tentang: tanda-tanda vital,
payudara, uterus, kandung kemih, genitalia, perineum, ekstremitas bawah,
pengkajian psikologis dan pengkajian ibu
4)
Mahasiswa
dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan perumusan diagnose/masalah actual
meliputi: masalah nyeri, masalah infeksi, masalah cemas, perawatan perineum,
payudara, ASI eksklusif, masalah KB, gizi, tanda-tanda bahaya nifas, senam
nifas, menyusui.
5)
Mahasiswa
dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan perumusan diagnose/masalah
potensial meliputi: Gangguan perkemihan, gangguan bab & bak, gangguan
hubungan seksual
6)
Mahasiswa
dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan perencanaan asuhan kebidanan:
evaluasi terus menerus, gangguan rasa nyeri, mengatasi infeksi, mengatasi
cemas, menjelaskan tentang gizi, KB, tanda bahaya nifas, hubungan seksual,
senam nifas, perawatan perineum, perawatan bayi sehari-hari, memberikan
kenyamanan pada ibu, membantu ibu untuk menyusui bayi, memfasilitasi menjadi
orang tua, persiapan pasien pulang, anticipatori guidance, deteksi dini
komplikasi pada ibu nifas.
7)
Mahasiswa
dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan
promosi kesehatan pada ibu nifas mengenai: nutrisi, hygiene, perawatan
perineum, istirahat dan tidur, dan ambbulasi dini.
8)
Mahasiswa
dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan asuhan kebidanan: tindakan mandiri,
kolaborasi, tindakan pengawasan, pendidikan/penyuluhan.
9)
Mahasiswa
dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pelaksanaaan evaluasi asuhan
kebidanan, meliputi: tujuan asuhan kebidanan, efektivitas tindakan untuk
mengatasi masalah, hasil asuhan.
10)
Mahasiswa
mampu mendemonstrasikan dan mempraktekkan program tindak lanjut asuhan nifas
di rumah mel;iputi: jadwal kunjungan rumah, asuhan lanjutan masa nifas di
rumah, penyuluhan masa nifas, hubungan seks, dan tanda-tanda bahaya
|
Asuhan
masa nifas normal
|
a. Asuhan
ibu masa nifas normal
a)
Pengkajian data fisik dan
psikososial
b)
Riwayat kesehatan ibu
c)
Pemeriksaan fisik :
-
Tanda-tanda vital
-
Payudara
-
Uterus
-
Kandung kemih
-
Genetalia
-
Perineum
-
Ekstremitas bawah
-
Pengkajian psikologis dan
pengkajian ibu
|
Demonstrasi
|
LCD, Laptop, Class room, modul praktik
|
BW 1, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
|
10
|
b. Merumuskan
diagnosa/ masalah aktual
a) Masalah
nyeri
b) Masalah
infeksi
c) Masalah
cemas, perawatan perimeum, payudara,
d) ASI
ekslusif
e) Masalah
KB, gizi, tanda-tanda bahaya nifas,
f) senam
nifas, menyusui
c. Merumuskan
diagnosa/ masalah potensial
a) Gangguan
perkemihan
b) Gangguan
bab & bak
Gangguan
hubungan seksual
|
Demonstrasi
|
LCD, Laptop, Class room, modul praktik
|
BW 1, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
|
||
11
|
d. Merencanakan
asuhan kebidanan
a) Evaluasi
secara terus menerus
b) Gangguan
rasa nyeri
c)
Mengatasi infeksi
d) Mengatasi
cemas
e) Menjelaskan
tentang gizi, KB, tanda bahaya nifas,
hubungan seksual, senam nifas, perawatan perinium, perawatan bayi sehari-hari
f)
Memberikan kenyaman pada ibu
g) Membantu
ibu unttuk menyusui bayi
h) Memfasilitasi
menjadi orang tua
i)
Persiapan pasien pulang
j)
Anticipatori guidance
k)
Deteksi dini komplikasi pada ibu
masa nifas
l)
Health Education
-
Nutrisi
-
Hygiene
-
Perawatan perineum
-
Istirahat dan tidur
-
Ambulasi
|
Demonstrasi
|
LCD, Laptop, Class room, modul praktik
|
BW 1, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
|
||
12
|
e. Pelaksanaan
asuhan kebidanan
a) Tindakan
mandiri
b) Kolaborasi
c)
Tindakan pengawasan
d) Pendidikan/
penyuluhan
f.
Evaluasi asuhan kebidanan
a) Tujuan
asuhan kebidanan
b) Efektivitas
tindakan untuk mengatasi masalah
c)
Hasil asuhan
g. Program
tindak lanjut asuhan nifas di rumah
a) Jadwal
kunjungan rumah
b) Asuhan
lanjutan masa nifas di rumah
c)
Penyuluhan masa nifas : Gizi,
Suplemen zat besi/vit A, Kebersihan diri/bayi ,Istirahat/ tidur, Pemberian
ASI, perawatan payudara, teknik menyusui
d) Latihan/
senam nifas
e) Hubungan
sex dan keluarga berencana
f)
Tanda-tanda bahaya
|
Demonstrasi
|
LCD, Laptop, Class room, modul praktik
|
BW 1, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
|
||
13
|
Mahasiswa dapat membandingkan deteksi dini komplikasi pada masa
nifas dengan indikator:
1.
Mahasiswa
dapat membandingkan deteksi dini komplikasi masa nifas dari segi fisik
yang meliputi: Perdarahan pervaginam , infeksi di masa nifas, sakit
kepala, nyeri epigastrik, penglihatan kabur, pembengkakan di wajah atau
ekstremitas, demam, muntah, rasa nyeri waktu berkemih, payudara yang berubah
menjadai merah, lunak dan terasa nyeri, kehilangan nafsu makan dalam waktu yang
lama,
rasa
sakit, merah, lunak, pembengkakan pada kaki, merasa sedih atau tidak
mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri
2.
Mahasiswa
dapat membandingkan deteksi dini komlikasi nifas dari segi psikis yang
meliputi: Merasa
sedih atau tidak mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri
|
Deteksi
dini komplikasi pada masa nifas
|
a. Perdarahan
pervaginam
b. Infeksi
di masa nifas
c. Sakit
kepala, nyeri epigastrik, penglihatan kabur
d. Pembengkakan
di wajah atau ekstremitas
e. Demam,
muntah, rasa nyeri waktu berkemih
f. Payudara
yang berubah menjadai merah, lunak dan terasa nyeri
g. Kehilangan
nafsu makan dalam waktu yang lama
h. Rasa
sakit, merah, lunak, pembengkakan pada kaki
i. Merasa
sedih atau tidak mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri
|
Small Grup Discussion
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 1, BA 1, BW4, BA2
|
14
|
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan
mempraktekkan dokumentasi
asuhan pada nifas dengan indikator:
1.
Mahasiswa
dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan dokumentasi asuhan pada
nifas dengan model Varney
2.
Mahasiswa
dapat mempraktekkan dokumentasi asuhan pada nifas dengan model SOAP
|
Dokumentasi
asuhan pada masa nifas
|
1.
Pendokumentasian
pendekatan Varney
2.
Pendokumentasian
SOAP
|
Demonstrasi
|
LCD, Laptop, kertas folio bergaris, Class room
|
BW 1, BA 1, BW4, BA2
|
UAS
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar