Sabtu, 01 November 2014

GBPP Asuhan Kebidanan III (Nifas)

GARIS – GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP)


Mata Kuliah                   : Asuhan Kebidanan 3 (Nifas)
Kode Mata Kuliah          : BD.303
Jumlah SKS                  : 3 SKS (1T; 2P)
Semester                      : 3 (tiga)
Penganggung Jawab     : Safitri Nugraheni

Deskripsi Singkat          :
Mata kuliah Asuhan Kebidanan 3 memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai konsep dasar masa nifas, respon orang tua terhadap bayi baru lahir, proses adaptasi, fisiologi dan psikologi masa nifas, kebutuhan dasar masa nifas, melaksanakan asuhan kebidanan pada masa nifas, melaksanakan kunjungan rumah pada ibu masa nifas, deteksi dini komplikasi masa nifas dan pendokumentasiannya.

Standar Kompetensi      :
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat  melakukan asuhan kebidanan pada ibu nifas dengan tepat








MGG
Kompetensi Dasar
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Metode
Media Pembelajaran
Bahan Pustaka
1
Mahasiswa dapat mendefinisikan konsep dasar masa nifas dengan indikator:
1)       Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian masa nifas
2)       Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan asuhan masa nifas
3)       Mahasiswa dapat menyebutkan peran dan tanggung jawab bidan dalam masa nifas
4)       Mahasiswa dapat menjelaskan tahapan masa nifas
5)       Mahasiswa dapat mengidentifikasi kebijakan program nasional masa nifas
Konsep dasar masa nifas
a.   Pengertian masa nifas
b.   Tujuan asuhan masa nifas
c.   Peran dan tanggung jawab bidan dalam masa nifas
d.   Tahapan masa nifas
e.   Kebijakan program nasional masa nifas
Ceramah Tanya Jawab
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 3, BA 1, BW4, BA2
2
Mahasiswa dapat menjelaskan proses laktasi dan menyusui dengan indikator:
1)     Mahasiswa dapat menjelaskan anatomi dan fisiologi payudara
2)     Mahasiswa dapat menguraikan dukungan bidan dalam pemberian ASI
3)     Mahasiswa dapat menjelaskan kan komposisi gizi dalam ASI
4)     Mahasiswa dapat menjelaskan cara memperbanyak ASI
5)     Mahasiswa dapat menyimpulkan tanda bayi cukup ASI
6)     Mahasiswa dapat menjelaskan tentang ASI eksklusif
7)     Mahasiswa dapat menjelaskan cara perawatan payudara
8)     Mahasiswa dapat menjelaskan cara menyusui yang benar
9)     Mahasiswa dapat menyebutkan masalah dalam pemberian ASI
Proses laktasi dan menyusui
a.   Anatomi dan fisiologi payudara
b.   Dukungan bidan dalam pemberian ASI
c.    Manfaat pemberian ASI
d.   Komposisi gizi dalam ASI
e.   Upaya memperbanyak ASI
f.     Tanda bayi cukup ASI
g.   ASI ekslusif
h.   Cara perawatan payudara
i.     Cara menyusui yang benar
j.     Masalah dalam pemberian ASI
Small Grup Discussion
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 1, BA 1, BW3, BA2
3
Mahasiswa dapat menguraikan respon orang tua terhadap bayi baru lahir dengan indikator:
1)         Mahasiswa dapat menyimpulkan Bounding attecment
2)         Mahasiswa dapat menguraikan respon ayah dan keluarga
3)         Mahasiswa dapat menyimpulkan sibling Rivally
Respon orang tua terhadap Bayi Baru Lahir (BBL)

a.   Bounding attecment
b.   Respon ayah dan keluarga
c.    Sibling Rivally
Small Grup Discussion
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 2, BA 1, BW1, BA2
4
Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan perubahan fisiologi masa nifas dengan indikator:
1)         Mahasiswa dapat menguraikan perubahan sistem reproduksi
2)         Mahasiswa dapat menguraikan sistem pencernaan
3)         Mahasiswa dapat menguraikan sistem perkemihan
4)         Mahasiswa dapat menguraikan sistem musculoskeletal / diastasis recti abdominis
Perubahan fisiologi masa nifas

a.     Perubahan sistem reproduksi
b.     Perubahan sistem pencernaan
c.     Perubahan sistem perkemihan
d.     Perubahan sistem muskuloskeletal / diastasis rectie abdominis
Ceramah Tanya Jawab
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 3, BA 1, BW4, BA2
5
Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan perubahan fisiologi masa nifas dengan indikator:
1)    Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan perubahan sistem endokrin
2)    Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan perubahan tanda-tanda vital
3)    Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan perubahan sistem kardiovaskuler
4)    Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan perubahan sistem hemotologi
Perubahan fisiologi masa nifas

a.     Perubahan sistem endokrin
b.     Perubahan tanda-tanda vital
c.     Perubahan sistem kardiovaskuler
d.     Perubahan sistem hemotologi
Ceramah Tanya Jawab
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 1, BA 1, BW4, BA2
6
Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan proses adaptasi psikologi  masa nifas dengan indikator:
1)     Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan adaptasi psikologis ibu masa nifas
2)     Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan post partum blues
3)     Mahasiswa dapat menguraikan dan menghubungkan kesedihan dan duka cita
Proses adaptasi, psikologi masa nifas

a.     Adaptasi psikologis ibu masa nifas
b.     Post partum blues
c.     Kesedihan dan duka cita
Ceramah Tanya Jawab
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 3, BA 1, BW2, BA2
7
Mahasiswa dapat memberikan contoh dan mempersiapkan kebutuhan dasar ibu nifas dengan indikator:
1)     Mahasiswa dapat memberikan contoh kebutuhan dasar ibu nifas tentang nutrisi dan cairan
2)     Mahasiswa dapat memberikan contoh kebutuhan dasar ibu nifas tentang ambulasi
3)     Mahasiswa dapat memberikan contoh kebutuhan dasar ibu nifas tentang eliminasi BAB/BAK
4)     Mahasiswa dapat memberikan contoh dan mempersiapkan kebutuhan dasar ibu nifas tentang kebersihan diri dan perineum
5)     Mahasiswa dapat memberikan contoh kebutuhan dasar ibu nifas tentang istirahat
6)     Mahasiswa dapat memberikan contoh kebutuhan dasar ibu nifas tentang seksual
Kebutuhan dasar ibu nifas
a.     Nutrisi dan cairan
b.     Ambulansi
c.     Eliminasi : bab/bak
d.     Kebersihan diri dan perineum
e.     Istirahat
f.      Seksual
Small Grup Discussion
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 1, BW 2, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
UTS
8
Mahasiswa dapat memberikan contoh dan mempersiapkan kebutuhan dasar ibu nifas dengan indikator:
1)     Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai manfaat umum senam nifas
2)     Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat masing-masing gerakan pada senam nifas
3)     Mahasiswa mampu mempersiapkan kebutuhan ibu nifas mengenai senam nifas
Senam Nifas
a.     Manfaat umum senam nifas
b.     Manfaat masing-masing gerakan pada senam nifas
c.     Mempersiapkan senam nifas

Demonstrasi
LCD, Laptop, Laboratorium, Matras
BW 1, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
9
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan asuhan masa nifas normal dengan indikator:
1)     Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pengkajian data fisik dan psikososial
2)     Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan riwayat kesehatan ibu
3)     Mahasiswa dapat mendemontrasikan pemeriksaan fisik tentang: tanda-tanda vital, payudara, uterus, kandung kemih, genitalia, perineum, ekstremitas bawah, pengkajian psikologis dan pengkajian ibu
4)     Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan perumusan diagnose/masalah actual meliputi: masalah nyeri, masalah infeksi, masalah cemas, perawatan perineum, payudara, ASI eksklusif, masalah KB, gizi, tanda-tanda bahaya nifas, senam nifas, menyusui.
5)     Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan perumusan diagnose/masalah potensial meliputi: Gangguan perkemihan, gangguan bab & bak, gangguan hubungan seksual  
6)     Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan perencanaan asuhan kebidanan: evaluasi terus menerus, gangguan rasa nyeri, mengatasi infeksi, mengatasi cemas, menjelaskan tentang gizi, KB, tanda bahaya nifas, hubungan seksual, senam nifas, perawatan perineum, perawatan bayi sehari-hari, memberikan kenyamanan pada ibu, membantu ibu untuk menyusui bayi, memfasilitasi menjadi orang tua, persiapan pasien pulang, anticipatori guidance, deteksi dini komplikasi pada ibu nifas.
7)     Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan  promosi kesehatan pada ibu nifas mengenai: nutrisi, hygiene, perawatan perineum, istirahat dan tidur, dan ambbulasi dini.
8)     Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan asuhan kebidanan: tindakan mandiri, kolaborasi, tindakan pengawasan, pendidikan/penyuluhan.
9)     Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pelaksanaaan evaluasi asuhan kebidanan, meliputi: tujuan asuhan kebidanan, efektivitas tindakan untuk mengatasi masalah, hasil asuhan.
10)  Mahasiswa mampu mendemonstrasikan dan mempraktekkan program tindak lanjut asuhan nifas di rumah mel;iputi: jadwal kunjungan rumah, asuhan lanjutan masa nifas di rumah, penyuluhan masa nifas, hubungan seks, dan tanda-tanda bahaya
Asuhan masa nifas normal
a.     Asuhan ibu masa nifas normal
a)         Pengkajian data fisik dan psikososial
b)         Riwayat kesehatan ibu
c)          Pemeriksaan fisik :
-        Tanda-tanda vital
-        Payudara
-        Uterus
-        Kandung kemih
-        Genetalia
-        Perineum
-        Ekstremitas bawah
-        Pengkajian psikologis dan pengkajian ibu
Demonstrasi
LCD, Laptop, Class room, modul praktik
BW 1, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
10

b.     Merumuskan diagnosa/ masalah aktual
a)    Masalah nyeri
b)     Masalah infeksi
c)     Masalah cemas, perawatan perimeum, payudara, 
d)     ASI ekslusif
e)     Masalah KB, gizi, tanda-tanda bahaya nifas, 
f)      senam nifas, menyusui 
c.      Merumuskan diagnosa/ masalah potensial
a)    Gangguan perkemihan
b)     Gangguan bab & bak
Gangguan hubungan seksual  
Demonstrasi
LCD, Laptop, Class room, modul praktik
BW 1, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
11

d.     Merencanakan asuhan kebidanan
a)       Evaluasi secara terus menerus
b)       Gangguan rasa nyeri
c)        Mengatasi infeksi
d)       Mengatasi cemas
e)       Menjelaskan tentang gizi, KB, tanda bahaya nifas,  hubungan seksual, senam nifas, perawatan     perinium, perawatan bayi sehari-hari
f)         Memberikan kenyaman pada ibu
g)       Membantu ibu unttuk menyusui bayi
h)       Memfasilitasi menjadi orang tua
i)          Persiapan pasien pulang
j)         Anticipatori guidance
k)        Deteksi dini komplikasi pada ibu masa nifas
l)         Health Education
-        Nutrisi
-        Hygiene
-        Perawatan perineum
-        Istirahat dan tidur
-        Ambulasi
Demonstrasi
LCD, Laptop, Class room, modul praktik
BW 1, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
12

e.      Pelaksanaan asuhan kebidanan
a)       Tindakan mandiri
b)       Kolaborasi
c)        Tindakan pengawasan
d)       Pendidikan/ penyuluhan 
f.        Evaluasi asuhan kebidanan
a)       Tujuan asuhan kebidanan
b)       Efektivitas tindakan untuk mengatasi masalah
c)        Hasil asuhan 
g.       Program tindak lanjut asuhan nifas di rumah
a)       Jadwal kunjungan rumah
b)       Asuhan lanjutan masa nifas di rumah
c)        Penyuluhan masa nifas : Gizi, Suplemen zat besi/vit A, Kebersihan diri/bayi ,Istirahat/ tidur, Pemberian ASI, perawatan payudara, teknik menyusui
d)       Latihan/ senam nifas
e)       Hubungan sex dan keluarga berencana
f)         Tanda-tanda bahaya 
Demonstrasi
LCD, Laptop, Class room, modul praktik
BW 1, Bw 3, BA 1, BW4, BA2
13
Mahasiswa dapat membandingkan deteksi dini komplikasi pada masa nifas dengan indikator:
1.     Mahasiswa dapat membandingkan deteksi dini komplikasi masa nifas dari segi fisik yang meliputi: Perdarahan pervaginam , infeksi di masa nifas, sakit kepala, nyeri epigastrik, penglihatan kabur, pembengkakan di wajah atau ekstremitas, demam, muntah, rasa nyeri waktu berkemih, payudara yang berubah menjadai merah, lunak dan terasa nyeri, kehilangan nafsu makan dalam waktu yang lama, rasa sakit, merah, lunak, pembengkakan pada kaki, merasa sedih atau tidak mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri
2.        Mahasiswa dapat membandingkan deteksi dini komlikasi nifas dari segi psikis yang meliputi: Merasa sedih atau tidak mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri

Deteksi dini komplikasi pada masa nifas
a.     Perdarahan pervaginam
b.     Infeksi di masa nifas
c.      Sakit kepala, nyeri epigastrik, penglihatan kabur
d.     Pembengkakan di wajah atau ekstremitas
e.     Demam, muntah, rasa nyeri waktu berkemih
f.       Payudara yang berubah menjadai merah, lunak dan terasa nyeri
g.     Kehilangan nafsu makan dalam waktu yang lama
h.     Rasa sakit, merah, lunak, pembengkakan pada kaki
i.       Merasa sedih atau tidak mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri
Small Grup Discussion
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 1, BA 1, BW4, BA2
14
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan dokumentasi asuhan pada nifas dengan indikator:
1.     Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan dokumentasi asuhan pada nifas dengan model Varney
2.     Mahasiswa dapat mempraktekkan dokumentasi asuhan pada nifas dengan model SOAP
Dokumentasi asuhan pada masa nifas
1.        Pendokumentasian pendekatan Varney
2.        Pendokumentasian SOAP
Demonstrasi
LCD, Laptop, kertas folio bergaris, Class room
BW 1, BA 1, BW4, BA2
UAS



Tidak ada komentar:

Posting Komentar