GBPP
MATA
KULIAH : Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)
KODE MATA
KULIAH : MW. 2311
BEBAN
STUDI : 4 SKS (T1;P3)
TINGKAT/SEMESTER : TK II Semester III/Ganjil
A.
DESKRIPSI MATA KULIAH.
Mata
kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswi untuk memberikan asuhan
kebidanan pada ibu hamil normal dengan bantuan didasari konsep – konsep sikap
dan keterampilan serta hasil evidence based dalam praktek antenatal yang
menggunakan pendekatan manajemen kebidanan dengan pokok bahasan konsep
terjadinya kehamilan, adaptasi fisiologi dan psikologi ibu hamil, factor yang
mempengaruhi ibu hamil, kebutuhan ibu hamil, asuhan ibu hamil pada kunjungan
awal dan ulang, deteksi terhadap komplikasi ibu dan janin serta
pendokumentasiannya.
B.
TUJUAN MATA AJAR
Setelah menyelesaikan mata ajar ini mahasiswi mampu :
1.
Menjelaskan Konsep dasar asuhan kehamilan.
2.
Menjelaskan proses adaptasi, fisiologi dan
psikologi dalam kehamilan.
3. Menjelaskan factor- factor yang mempengaruhi kehamilan.
4. Mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap
perkembangannya.
5.
Melaksanakan asuhan kehamilan.
6. Melaksanakan deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin.
7.
Melakukan dokumentasi
asuhan kehamilan.
PERTE
MUAN
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
MEDIA
|
|
1
|
Memahami konsep dasar asuhan
kehamilan
|
Setelah mengikuti
perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan:
- Konsep dasar asuhan kehamilan
|
1.1
Philosofi asuhan kebidanan
1.2
Lingkup asuhan kehamilan
1.3
Prinsip pokok asuhan kehamilan
1.4
Sejarah asuhan kehamilan
1.5
Tujuan asuhan kehamilan
1.6
Refocusing asuhan kehamilan
1.7
Standar asuhan kehamilan
1.8
Tipe pelayanan asuhan kehamilan
1.9
Hak-hak wanita hamil
1.10
Tenaga profesional (asuhan kehamilan)
1.11
Issue terkini dalam asuhan kehamilan
1.12
Evidence Base dalam praktik kehamilan
|
CTJ,
Diskusi,
Role play
|
Tes tulis
Soft skill
kuis
|
420’
|
BW 3
BA 3
|
LCD,
Laptop,
white
board
|
|
2
|
- Memahami
anatomi dan
fisiologi
reproduksi
wanita
- Memahami
siklus
menstruasi
dan proses
konsepsi
- Memahami
pertumbuhan
dan
perkembangan
hasil konsepsi
|
Setelah mengikuti
perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat memahami:
- anatomi dan fisiologi reproduksi wanita
- siklus menstruasi dan proses
konsepsi
- pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi
|
2.1.1 Genitalia interna dan eksterna
2.1.2 Panggul
2.1.3 Siklus hormonal
2.2.1 Ovum dan sperma
2.2.2 Fertilisasi dan Implantasi
2.3.1 Pertumbuhan dan perkembangan embrio
2.3.2 Struktur dan fungsi amnion
2.3.3 Struktur, fungsi dan sirkulasi tali pusat
2.3.4 Struktur, fungsi dan sirkulasi plasenta
2.3.5 Sirkulasi darah fetus
2.3.6 Menentukan usia kehamilan
2.3.7 Menentukan periode kehamilan
|
CTJ
Melihat video
|
Tes tulis
Soft skill
Penugasan
|
420’
|
BU
1 Chapt 17
BU
3 topik 2
BA
2 part 2 chapt 4,5
BU
chapt 17
BU
3 topik 2 Pelajaran 1,2
BA
2 part 2 chapt 4,5
|
LCD,
Laptop,
white
board
|
|
3
|
Menjelaskan perubahan anatomi dan memahami adaptasi
fisiologis pada ibu hamil trimester I,II,III
|
3.1.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
diharapkan dapat menjelaskan perubahan anatomi
dan memahami adaptasi fisiologis
pada ibu hamil
trimester I,II,III
|
3.1.1 Sistem
reproduksi
3.1.2 Payudara
3.1.3 Sistem
endokrin
3.1.4 Sitem
kekebalan
3.1.5 Sistem
perkemihan
3.1.6 Sistem
pencernaan
3.1.7 Sistem
muskuloskeletal
3.1.8 Sistem
kardiovaskuler
3.1.9 Sistem
integumen
3.1.10 Metabolisme
3.1.11 Berat
badan dan Indeks Massa Tubuh (IMT)
3.1.12 Darah
dan pembekuan darah
3.1.13 Sistem
pernafasan
3.1.14 Sistem
persyarafan
|
CTJ
|
Tes tulis
Soft skill
diskusi
Penugasan
|
420’
|
BU
1 chapt 17
BU
2 part 8
BU
3 topik 2 pelajaran 2,3
BA
2 chapt 11,17
|
LCD,
Laptop,
white
board
|
|
4
|
Mengidentifi
kasi perubahan dan adaptasi
dalam masa kehamilan
|
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan
- dapat mengidentifikasi
perubahan
dan adaptasi psikologis dalam masa kehamilan
- dapat menjelaskan
pemeriksaan
diagnostik
kehamilan
|
Perubahan dan adaptasi
psikologi dalam masa kehamilan
3.2.1 Pada
kehamilan trimester I
3.2.2 Pada
kehamilan trimester II
3.2.3 Pada
kehamilan trimester III
4.1.1
Tanda pasti kehamilan
4.1.2
Tanda tidak pasti kehamilan
4.1.3
Tanda mungkin hamil
|
CTJ
Role play
|
Tes tulis
Soft skill
diskusi
|
420’
|
BU
1,2
BA
1,4
|
LCD,
Laptop,
white
board
|
|
5
|
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
Kehamilan
Dengan benar dan tepat diantaranya :
5.1
Faktor Fisik
5.2
Faktor Psikologis
5.3
Faktor Lingkungan, Sosial, Budaya, Ekonomi
|
5.1.1
Status kesehatan
5.1.2
Status gizi
5.1.3
Gaya hidup: subtance abuse, perokok, hamil
diluar nikah, kehamilan tidak diharapkan
5.2.1
Stressor internal dan eksternal
5.2.2
Support keluarga
5.2.3
Substance abuse
5.2.4
Pertner abuse
5.3.1
Kebiasaan adat istiadat
5.3.2
Fasilitas kesehatan
5.3.3
Ekonomi
|
Role play
CTJ
|
Tes tulis
Soft skill
Lisan
|
420’
|
BU
1 chapt 21
BU
2 part 6
|
LCD,
Laptop,
white
board
|
|
6
|
Mengidentifikasi
kebutuhan dasar ibu hamil yang meliputi kebutuhan fisik sesuai dengan tahap
perkembangan
nya
dengan tepat
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa mampu mengidentifikasi :
6.1.
Kebutuhan Fisik Ibu Hamil Trimester
I,II,III
|
6.1.1
Oksigen
6.1.2
Nutrisi
6.1.3
Personal hygiene
6.1.4
Pakaian
6.1.5
Eliminasi
6.1.6
Seksual
6.1.7
Mobilisasi, Body mekanik
6.1.8
Exercise/senam hamil
6.1.9
Istirahat/tidur
6.1.10
Imunisasi
6.1.11
Traveling
6.1.12
Persiapan laktasi
6.1.13
Persiapan persalinan dan kelahiran bayi
6.1.14
Memantau kesejahteraan janin
6.1.15
Ketidaknyamanan dan cara mengatasi
6.1.16
Kunjungan ulang
6.1.17
Pekerjaan
6.1.18
Tanda bahaya dalam kehamilan
|
CTJ
Diskusi
|
Tes tulis
Tes lisan
diskusi
|
420’
|
BU
1 chapt 18
Bu
3 topik 4 pel 1,4,5
BA
1 N 5
BA
3 chapt 5
|
LCD,
Laptop,
white
board
|
|
7
|
Mengidentifikasi
kebutuhan dasar ibu hamil yang meliputi kebutuhan psikologis sesuai dengan
tahap perkembangannya dengan tepat
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
mengidentifikasi :
7.1
Kebutuhan Psikologi Ibu Hamil
Trimester I,II,III
|
7.1.1
Support keluarga
7.1.2
Support dari tenaga kesehatan
7.1.3
Rasa aman dan nyaman selama kehamilan
7.1.4
Persiapan menjadi orang tua
7.1.5
Persiapan sibling
|
CTJ
Role play
|
Tes tulis
Lisan
Soft skill
|
420’
|
BU 1
BA 2
p.151-169
|
LCD,
Laptop,
white
board
|
|
UTS
|
|||||||||
8
|
Melakukan
asuhan antenatal
|
Setelah perkuliahan
ini diharapkan mahasiswa mampu:
Melakukan
asuhan antenatal mulai dari kunjungan awal sampai kunjungan ulang yang
meliputi pemeriksaan sesuai dengan teori dan langkah-langkah yang berurutan.
|
8.1.1
Tujuan kunjungan
8.1.2
Pengkajian data kesehatan ibu hamil
-
Riwayat kesehatan: sosial, riwayat
kebidanan, keluarga, penyakit
-
Pemeriksaan fisik
-
Pemeriksaan panggul
-
Pemeriksaan laboratorium
-
Pengkajian emosional
8.1.3
Pengkajian fetal
-
Gerakan janin
-
DJJ
-
NST (Non Stress Test)
-
Amniocentesis
|
CTJ
Diskusi
Demonstrasi
|
Tes tulis
Lisan
Soft skill
|
420’
|
BU 1
chapt 18
Bu 2
chapt 10
BU 3
topik 3 pel 1-7
|
LCD,
Laptop,
white
board
|
|
9
|
Menentukan
Diagnosa
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu :
9.1 Mengidentifikasi
penyimpangan kehamilan normal dan melakukan penangan yang tepat
|
9.1.1
Menetapkan normalitas kehamilan
9.1.2
Membedakan antara ketidaknyamanan dalam
kehamilan dan kemungkinan komplikasi
9.1.3
Mengidentifikasi tanda dan gejala
penyimpangan dari keadaan normal
9.1.4
Mengidentifikasi kemungkinan kebutuhan
belajar
|
CTJ
Diskusi
Demonstrasi
|
Tertulis, obyektif
Lisan
tugas
|
420’
|
BU 1
chapt 18
BU 2
chapt 10
BU 3
topik 3, pel 1-7
|
OHP/
OHT
Multime
dia
Flipchart
Hand out
Job
sheet
|
|
10
|
Mengembang
kan
Perencanaan Asuhan yang Komprehensif
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan
mampu :
10.1 Mengembangkan Perencanaan Asuhan yang
Komprehensif
|
10.1.1
Menetapkan kebutuhan test laboratorium
10.1.2
Menetapkan kebutuhan belajar
10.1.3
Menetapkan kebutuhan untuk pengobatan
komplikasi ringan
10.1.4
Menetapkan kebutuhan konsultasi atau
rujukan pada tenaga profesional lainnya
10.1.5
Menetapkan kebutuhan untuk konseling
spesifik atau anticipatory guidance
10.1.6
Menetapkan kebutuhan konseling HIV/PMS
10.1.7
Menetapkan jadwal kunjungan sesuai dengan
perkembangan kehamilan
|
CTJ
Diskusi
Demonstrasi
|
Tertulis, obyektif
Lisan
tugas
|
420’
|
BU 1
chapt 18
BU 2
chapt 10
BU 3
topik 3, pel 1-7
BA 1,3
|
OHP/
OHT
Multime
dia
Flipchart
Hand out
Job
sheet
|
|
11
|
Melakukan
asuhan antenatal mulai dari kunjungan awal sampai kunjungan ulang yang
meliputi pemeriksaan sesuai dengan teori dan langkah-langkah yang berurutan.
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu :
11.1
Melakukan asuhan kehamilan
kunjungan ulang
11.2
Mengumpulkan data riwayat
kesehatan dan kehamilan serta menganalisanya setiap kunjungan dengan pengkajian
data fokus
11.3
Mengembangkan rencana
sesuai dengan kebutuhan
dan perkembangan kehamilan
|
11.1.1
Mengevaluasi penemuan masalah yang terjadi,
aspek-aspek yang menonjol pada wanita hamil
11.1.2
Mengevaluasi data dasar
11.1.3
Mengevaluasi keefektifan manajemen/ asuhan
11.2.1
Riwayat untuk deteksi komplikasi dan
ketidaknyamanan
11.2.2
Pemeriksaan fisik
11.2.3
Pemeriksaan laboratorium
|
CTJ
Diskusi
Demonstrasi
|
Tertulis, obyektif
Lisan
tugas
|
420’
|
BU 1
chapt 18
BU 2 chapt
10
BU 3
topik 3, pel 1-7
|
OHP/
OHT
Multime
dia
Flipchart
Hand out
Job
sheet
|
|
12
|
Mengidentifikasi tanda-tanda
dini bahaya/komplika-si
ibu dan janin masa
kehamilan muda
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa
mampu :
Mengidentifikasi serta melakukan penatalaksanaan
kehamilan dengan :
12.1 Tanda-tanda dini
bahaya/komplikasiiIbu
dan janin masa kehamilan
muda
|
12.1.1
Perdarahan pervaginam
12.1.2
Hipertensi gravidarum
12.1.3
Nyeri perut bagian bawah
|
CTJ
Diskusi
Demonstrasi
|
Tertulis, obyektif
Lisan
tugas
|
|
BU 1
chapt 21
BU 3
topik 4 pel 2
|
|
|
13
|
Mengidentifikasi Tanda-Tanda Dini Bahaya/Komplikasi ibu
dan janin masa kehamilan
lanjut
|
13.1 Tanda-Tanda Dini Bahaya/Komplikasi ibu
dan janin masa kehamilan
lanjut
|
13.1.1
Perdarahan pervaginam
13.1.2
Sakit kepala yang hebat
13.1.3
Penglihatan kabur
13.1.4
Bengkak di wajah dan jari-jari tangan
13.1.5
Keluar cairan pervaginam
13.1.6
Gerakan janin tidak terasa
13.1.7
Nyeri perut yang hebat
|
CTJ
Diskusi
Demonstrasi
|
Tertulis, obyektif
Lisan
tugas
|
420’
|
BU 1
chapt 21
BU 3
topik 4 pel 2
|
OHP/
OHT
Multime
dia
Hand out
|
|
14
|
Melakukan
pendokumentasi-an asuhan kehamilan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa
mampu :
Melakukan
pendokumentasian asuhan kehamilan dengan menggunakan pendekatan SOAP dan 7
langkah varney dengan benar.
|
14.1.1
Model-model dokumentasi asuhan
14.1.2
Prinsip dokumentasi
14.1.3
Aspek legal dokumentasi
|
CTJ
Diskusi
Demonstrasi
|
Tertulis, obyektif
Lisan
tugas
|
420’
|
BU 1
chapt 21
BU 3
topik 4 pel 2
|
OHP/
OHT
Multime
dia
Hand out
|
|
UAS
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar