GARIS
– GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP)
Mata Kuliah : Pelayanan Keluarga
Berencana
Kode Mata Kuliah : BD.2318
Jumlah SKS : 3 SKS (1T; 2P)
Semester :
4 (empat)
Penganggung Jawab : Safitri Nugraheni
Deskripsi Singkat :
Mata kuliah ini memberikan kemampuan
kepada mahasiswa untuk memberikan pelayanan KB dengan pokok bahasan: konsep
kependudukan, program dan perkembangan KB di Indonesia, pelayanan kontrasepsi,
akseptor yang bermasalah dan cara penanggulangannya, komunikasi informasi dan
edukasi serta pendokumentasiannya.
Standar Kompetensi :
Setelah mengikuti mata kuliah ini,
mahasiswa dapat melakukan
pelayanan keluarga berencana dengan tepat
MGG
|
Kompetensi Dasar
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Metode
|
Media Pembelajaran
|
Bahan Pustaka
|
1
|
Mahasiswa dapat mendefinisikan konsep kependudukan di Indonesia:
1) Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian penduduk
2) Mahasiswa dapat menyebutkan dinamika kependudukan
3)
Mahasiswa
dapat menyebutkan faktor – faktor demografi yang
mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk
4)
Mahasiswa
dapat menjelaskan transisi demografik
5)
Mahasiswa
dapat mengidentifikasi masalah
kependudukan di Indonesia.
|
Konsep kependudukan Indonesia
|
1.
Pengertian Penduduk
2.
Dinamika kependudukan
3.
Faktor – faktor demografi yang
mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk
4.
Transisi demografik
5.
Masalah kependudukan di Indonesia :
1)
Jumlah dan pertumbuhan penduduk
2)
Pesebaran dan kepadatan penduduk
3)
Struktur umum penduduk
4)
Kelahiran dan kematian
|
Ceramah Tanya Jawab
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 3, BA 1, BW4, BA2
|
2
|
Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan KB di Indonesia
dengan indikator:
1)
Mahasiswa
dapat menjelaskan Sejarah
KB di Indonesia
2)
Mahasiswa
dapat menguraikan Faktor –
factor yang mempengaruhi perkembangan KB di Indonesia
3) Mahasiswa dapat menjelaskan Organisasi
– organisasi KB di Indonesia
|
Perkembangan KB di Indonesia
|
1.
Sejarah KB di Indonesia
2.
Faktor – factor yang mempengaruhi
perkembangan KB di Indonesia
3.
Organisasi – organisasi KB di
Indonesia :
1)
PKBI
2) BKKBN
|
Small Grup Discussion
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 1, BA 1, BW3, BA2
|
3
|
Mahasiswa dapat menguraikan respon orang tua
terhadap bayi baru lahir dengan indikator:
1)
Mahasiswa
dapat menguraikan program KB di
Indonesia
2)
Mahasiswa dapat menguraikan tujuan program KB
3)
Mahasiswa dapat menguraikan sasaran program KB
4)
Mahasiswa dapat menguraikan ruang lingkup program KB
5)
Mahasiswa dapat menyimpulkan
strategi pendekatan dan cara
operasional program pelayanan KB
6)
Mahasiswa
dapat menguraikan dampak program KB terhadap pencegahan
kelahiran
|
Program
KB di Indonesia
|
1.
Program KB di Indonesia
2.
Tujuan program KB
3.
Sasaran program KB
4.
Ruang lingkup program KB
5.
Strategi pendekatan dan cara
operasional program pelayanan KB
6.
Dampak program KB terhadap
pencegahan kelahiran
|
Small Grup Discussion
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 2, BA 1, BW1, BA2
|
4
|
Mahasiswa dapat menguraikan
dan mempersiapkan perubahan
fisiologi masa nifas dengan
indikator:
1)
Mahasiswa
dapat menguraikan tujuan
KIE
2)
Mahasiswa
dapat menguraikan jenis kegiatan KIE
3)
Mahasiswa
dapat menguraikan prinsip langkah KIE
4)
Mahasiswa
dapat menguraikan pengertian konseling
5)
Mahasiswa
dapat menguraikan tujuan konseling
6)
Mahasiswa
dapat menguraikan jenis konseling
7)
Mahasiswa
dapat menguraikan langkah-langkah dalam
konseling
|
KIE dalam pelayanan KB
|
1.
Tujuan KIE
2.
Jenis kegiatan
KIE
3.
Prinsip langkah
KIE
4.
Konseling
1)
Pengertian
2)
Tujuan
3)
Jenis konseling
4)
Langkah – langkah dalam konseling
|
Ceramah Tanya Jawab
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 3, BA 1, BW4, BA2
|
5
|
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pelayanan
kontrasepsi dengan indikator:
1) Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktikkan metode
sederhana tanpa alat
2) Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktikkan metode sederhana dengan alat
3) Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktikkan pelayanan
kontrasepsi dengan alat
4) Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktikkan metode modern
|
Pelayanan kontrasepsi
|
1.
Metode sederhana
1)
Tanpa alat
a.
KB alamiah
a)
Metode kalender
b)
Metode suhu basal
c)
Metode lender serviks
d)
Metode simtotermal
b.
Coitus Interuptus
|
Ceramah Tanya Jawab
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 1, BA 1, BW4, BA2
|
6
|
|
2)
Dengan alat :
a. Mekanis / Barier
a)
Kondom
b)
Barier intra vaginal
b Kimiawi
a)
Spermisida
|
Ceramah Tanya Jawab
Praktik
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
Phantom dan peralatan
praktik
|
BW 1, BA 1, BW4, BA2
|
|
7
|
|
2.
Metode Modern :
1)
Kontrasepsi hormonal
a. Oral
kontrasepsi
|
Ceramah Tanya Jawab
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 1, BA 1, BW4, BA2
|
|
UTS
|
||||||
8
|
|
|
b. Suntikan/
Injeksi
|
Ceramah Tanya Jawab
Praktik
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
Phantom, peralatan praktik
|
BW 1, BA 1, BW4, BA2
|
9
|
|
Metode Modern:
a.
Subkutis/ Implan
b.
AKDR hormonal
|
Ceramah Tanya Jawab
Praktik
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
Phantom, peralatan praktik
|
BW 1, BA 1, BW4, BA2
|
|
10
|
|
2)
Intra Uterine Devices (IUD/ AKDR)
|
Ceramah Tanya Jawab
Praktik
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
Phantom, peralatan praktik
|
BW 1, BA 1, BW4, BA2
|
|
11
|
|
3)
Sterilisasi
a. Pada wanita (MOW)
b. Penyinaran
c. Operatif
d. Penyumbatan tuba mekanis dan tuba kimiawi
e. Pada pria (MOP)
a)
Operatif
b)
Peyumbatan Vasdeferens mekanik
c)
Penyumbatan vasdeferens Kimiawi
|
Ceramah Tanya Jawab
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 1, BA 1, BW4, BA2
|
|
12
|
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pelayanan
cara pembinaan akseptor dengan indikator:
1.
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan pembinaan akseptor KB melalui
konseling
2.
Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB kandom.
3.
Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB pil.
4.
Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB suntik.
5.
Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB AKDR.
6.
Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB implant.
7.
Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB tubektomi.
8.
Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB vasektomi.
|
Cara pembinaan akseptor
|
1.
Pembinaan akseptor
KB melalui konseling
2.
Praktek pembinaan
akseptor KB
1)
Kondom
2)
Pil
3)
Suntik
4)
AKDR
5)
Implant
6)
Tubektomi
7)
Vasektomi
|
Small Grup Discussion
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 2, BA 1, BW1, BA2
|
13
|
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan penanggulangan
akseptor bermasalah dengan indikator:
1.
Mahasiswa dapat menyebutkan efek samping/masalah kontrasepsi
2.
Mahasiswa dapat mengidentifikasi efek samping yang timbul
3.
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan efek samping dan
keluhan bagi akseptor KB
4.
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan rujukan akseptor bermasalah
|
Penanggulangan
akseptor bermasalah
|
1.
Macam – macam efek samping atau
masalah kontrasepsi
2.
Penilaian efek samping yang timbul
3.
Penangan efek samping sesuai keluhan
bagi akseptor KB
1)
Kondom
2)
Pil
3)
Suntik
4)
AKDR
5)
Norplant
6)
Tubektomi
7)
Vasektomi
4.
Rujukan akseptor bermasalah
|
Ceramah Tanya Jawab
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 2, BA 1, BW1, BA2
|
14
|
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pendokumentasian
Pelayanan KB dengan indikator:
1.
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pencatatan
dan pelaporan pelayanan KB
2.
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pendokumentasian
rujukan KB
|
Pendokumentasian Pelayanan KB
|
1.
Pencatatan dan pelaporan pelayanan
KB
1)
Penggunaan kartu catatan
2)
Mekanisme pelaporan
2.
Pendokumentasian Rujukan KB
|
Small Grup Discussion
|
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
|
BW 2, BA 1, BW1, BA2
|
UAS
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar