Minggu, 02 November 2014

Silabus (GBPP) Pelayanan Keluarga Berencana

GARIS – GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP)


Mata Kuliah                   : Pelayanan Keluarga Berencana
Kode Mata Kuliah          : BD.2318
Jumlah SKS                  : 3 SKS (1T; 2P)
Semester                      : 4 (empat)
Penganggung Jawab     : Safitri Nugraheni

Deskripsi Singkat          :
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memberikan pelayanan KB dengan pokok bahasan: konsep kependudukan, program dan perkembangan KB di Indonesia, pelayanan kontrasepsi, akseptor yang bermasalah dan cara penanggulangannya, komunikasi informasi dan edukasi serta pendokumentasiannya.

Standar Kompetensi      :
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat  melakukan pelayanan keluarga berencana dengan tepat








MGG
Kompetensi Dasar
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Metode
Media Pembelajaran
Bahan Pustaka
1
Mahasiswa dapat mendefinisikan konsep kependudukan di Indonesia:
1)       Mahasiswa dapat menyebutkan pengertian penduduk
2)       Mahasiswa dapat menyebutkan dinamika kependudukan
3)       Mahasiswa dapat menyebutkan faktor – faktor demografi yang mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk
4)       Mahasiswa dapat menjelaskan transisi demografik
5)       Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah kependudukan di Indonesia.
Konsep kependudukan Indonesia
1.        Pengertian Penduduk
2.        Dinamika kependudukan
3.        Faktor – faktor demografi yang mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk
4.        Transisi demografik
5.        Masalah kependudukan di Indonesia :
1)     Jumlah dan pertumbuhan penduduk
2)     Pesebaran dan kepadatan penduduk
3)     Struktur umum penduduk
4)     Kelahiran dan kematian
Ceramah Tanya Jawab
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 3, BA 1, BW4, BA2
2
Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan KB di Indonesia
 dengan indikator:
1)       Mahasiswa dapat menjelaskan Sejarah KB di Indonesia
2)       Mahasiswa dapat menguraikan Faktor – factor yang mempengaruhi perkembangan KB di Indonesia
3)       Mahasiswa dapat menjelaskan Organisasi – organisasi KB di Indonesia
Perkembangan KB di Indonesia

1.        Sejarah KB di Indonesia
2.        Faktor – factor yang mempengaruhi perkembangan KB di Indonesia
3.        Organisasi – organisasi KB di Indonesia :
1)       PKBI
2)      BKKBN
Small Grup Discussion
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 1, BA 1, BW3, BA2
3
Mahasiswa dapat menguraikan respon orang tua terhadap bayi baru lahir dengan indikator:
1)         Mahasiswa dapat menguraikan program KB di Indonesia
2)         Mahasiswa dapat menguraikan tujuan program KB
3)         Mahasiswa dapat menguraikan sasaran program KB
4)         Mahasiswa dapat menguraikan ruang lingkup program KB
5)         Mahasiswa dapat menyimpulkan strategi pendekatan dan cara operasional program pelayanan KB
6)         Mahasiswa dapat menguraikan dampak program KB terhadap pencegahan kelahiran
Program KB di Indonesia
1.        Program KB di Indonesia
2.        Tujuan program KB
3.        Sasaran program KB
4.         Ruang lingkup program KB
5.        Strategi pendekatan dan cara operasional program pelayanan KB
6.        Dampak program KB terhadap pencegahan kelahiran
Small Grup Discussion
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 2, BA 1, BW1, BA2
4
Mahasiswa dapat menguraikan dan mempersiapkan perubahan fisiologi masa nifas dengan indikator:
1)         Mahasiswa dapat menguraikan tujuan KIE
2)         Mahasiswa dapat menguraikan jenis kegiatan KIE
3)         Mahasiswa dapat menguraikan prinsip langkah KIE
4)         Mahasiswa dapat menguraikan pengertian konseling
5)         Mahasiswa dapat menguraikan tujuan konseling
6)         Mahasiswa dapat menguraikan jenis konseling
7)         Mahasiswa dapat menguraikan langkah-langkah dalam konseling
KIE dalam pelayanan KB

1.     Tujuan KIE
2.     Jenis kegiatan KIE
3.      Prinsip langkah KIE
4.      Konseling
1)     Pengertian
2)     Tujuan
3)     Jenis konseling
4)      Langkah – langkah dalam konseling
Ceramah Tanya Jawab
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 3, BA 1, BW4, BA2
5
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pelayanan kontrasepsi dengan indikator:
1)    Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktikkan metode sederhana tanpa alat
2)    Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktikkan metode sederhana dengan alat
3)    Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktikkan pelayanan kontrasepsi dengan alat
4)    Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktikkan metode modern
Pelayanan kontrasepsi

1.        Metode sederhana
1)     Tanpa alat
a.     KB alamiah
a)     Metode kalender
b)     Metode suhu basal
c)     Metode lender serviks
d)     Metode simtotermal
b.     Coitus Interuptus
Ceramah Tanya Jawab
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 1, BA 1, BW4, BA2
6

2)     Dengan alat :
               a. Mekanis / Barier
a)     Kondom
b)     Barier intra vaginal
               b  Kimiawi                          
a)     Spermisida
Ceramah Tanya Jawab
Praktik
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
Phantom dan peralatan praktik
BW 1, BA 1, BW4, BA2
7

2.        Metode Modern :
1)     Kontrasepsi hormonal
a.   Oral kontrasepsi
Ceramah Tanya Jawab
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 1, BA 1, BW4, BA2
UTS
8


b.   Suntikan/ Injeksi
Ceramah Tanya Jawab
Praktik
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
Phantom, peralatan praktik
BW 1, BA 1, BW4, BA2
9

Metode Modern:
a.        Subkutis/ Implan
b.        AKDR hormonal
Ceramah Tanya Jawab
Praktik
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
Phantom, peralatan praktik
BW 1, BA 1, BW4, BA2
10

2)     Intra Uterine Devices (IUD/ AKDR)
Ceramah Tanya Jawab
Praktik
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
Phantom, peralatan praktik
BW 1, BA 1, BW4, BA2
11

3)     Sterilisasi
              a.  Pada wanita (MOW)
              b.  Penyinaran
              c.  Operatif
              d.  Penyumbatan tuba mekanis dan tuba kimiawi
              e.  Pada pria (MOP)
a)       Operatif
b)       Peyumbatan Vasdeferens mekanik
c)        Penyumbatan vasdeferens Kimiawi 
Ceramah Tanya Jawab
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 1, BA 1, BW4, BA2
12
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pelayanan cara pembinaan akseptor dengan indikator:
1.        Mahasiswa dapat mendemonstrasikan pembinaan akseptor KB melalui konseling
2.        Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB kandom.
3.        Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB pil.
4.        Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB suntik.
5.        Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB AKDR.
6.        Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB implant.
7.        Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB tubektomi.
8.        Mahasiswa dapat mempraktikkan
Pembinaan akseptor KB vasektomi.
Cara pembinaan akseptor

1.        Pembinaan akseptor KB melalui konseling
2.        Praktek pembinaan akseptor KB
1)       Kondom
2)       Pil
3)       Suntik
4)       AKDR
5)       Implant
6)       Tubektomi
7)       Vasektomi
Small Grup Discussion
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 2, BA 1, BW1, BA2
13
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan penanggulangan akseptor bermasalah dengan indikator:
1.       Mahasiswa dapat menyebutkan efek samping/masalah kontrasepsi
2.       Mahasiswa dapat mengidentifikasi efek samping yang timbul
3.       Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan efek samping dan keluhan bagi akseptor KB
4.       Mahasiswa dapat mendemonstrasikan rujukan akseptor bermasalah

Penanggulangan akseptor bermasalah
1.        Macam – macam efek samping atau masalah  kontrasepsi
2.        Penilaian efek samping yang timbul
3.        Penangan efek samping sesuai keluhan bagi    akseptor KB
1)    Kondom
2)    Pil
3)    Suntik
4)    AKDR
5)    Norplant
6)    Tubektomi
7)    Vasektomi
4.        Rujukan akseptor bermasalah
Ceramah Tanya Jawab
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 2, BA 1, BW1, BA2
14
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pendokumentasian Pelayanan KB dengan indikator:
1.       Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pencatatan dan pelaporan pelayanan KB
2.       Mahasiswa dapat mendemonstrasikan dan mempraktekkan pendokumentasian rujukan KB

Pendokumentasian Pelayanan KB
1.          Pencatatan dan pelaporan pelayanan KB
1)       Penggunaan kartu catatan
2)       Mekanisme pelaporan
2.          Pendokumentasian Rujukan KB
Small Grup Discussion
LCD, Laptop, class room, white board, spidol
BW 2, BA 1, BW1, BA2
UAS



Tidak ada komentar:

Posting Komentar